Monday, June 10, 2013

Senyum Calon Sarjana Sosial


Gue masih inget banget, waktu jaman baru kenal facebook, sekitar tahun 2008an. Saat itu kebetulan banget gue juga baru saja lulus SMA dan masuk perguruan tinggi. waktu tahun segituan time line di akun facebook gue pasti isinya kangen- kangenan, bukan hanya kangen sama pacar aja, tapi juga kangen- kangenan sama temen- temen sekolah yang sekarang udah terpisahkan oleh jarak dan waktu. Kayak gue, gue harus terbang dan mendarat mulus di Jakarta, sedangkan gue dulunya sekolah di Jombang, Jawa timur.

Ditahun kedua dan ketiga gue kuliah, time line di akun facebook gue udah memulai membincangkan sesuatu yang baru, keluhan tugas kuliah, becandaan dengan teman- teman baru (teman kuliah), organisasi dan kisah- kisah cinta lokasi. Pada saat ini kangen- kangenan sama temen lama juga masih ada akan tetapi porsinya sudah mulai berkurang.

Ditahun ke empat, time line di akun facebook gue udah mulai ramai membicarakan tentang tugas akhir, atau yang biasa dikenal dengan skripsi. Pada saat- saat ini ditime line gue banyak muncul curhatan- curhatan tentang susahnya ngerjain skripsi, curhatan tentang dosen pembimbing skripsi yang katanya killer dan bawel atau minta bantuan buat cari data ini dan itu. Gue hanya tersenyum dan sesekali mengomentari curhatan- curhatan mereka itu.

Saat yang paling menjengkelkan adalah disaat akhir tahun ke empat, sudah banyak yang upload poto wisuda bareng keluarganya dengan background semacam lemari dengan buku yang tertata dibelakangnya. Mereka seakan- akan ingin memamerkan foto- foto mereka yang tengah memakai toga tersebut. Pada waktu itu gue juga masih hanya bisa tersenyum dan sesekali mengucakpan selamat kepada mereka temen- temen gue yang udah memperoleh gelar sarjana.

Waktu pun berjalan terus, dan memasuki tahun ke lima. Sudah tidak ada lagi curhatan kangen- kangenan tentang teman sekolah, tidak ada lagi curhatan tentang tugas kuliah ataupun skripsi, poto orang memakai toga juga sudah jarang atau bahkan hampir tidak bermunculan lagi. Yang ada biasanya undangan dalam sebuah event. Iya, tidak lain tidak bukan adalah undangan event pernikahan. Oke selamat ya, semoga diberikan kemudahan dan menjadi keluarga sakinah mawadah warahmah. Lagi lagi gue pun hanya bisa tersenyum, sambil sesekali melirik onggokan kertas dengan tulisan mengenaskan di covernyaDiajukan Untuk Memenuhi Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Sosial (S.Sos)”.

Terimakasih buat senyum anda.



No comments:

Post a Comment