Saturday, April 6, 2013

Social Media itu Parasit Para Pelaku LDR

Emang bener ya kata sebagian orang kalau LDR itu nggak enak, ibarat kata kayak makan buah simalakama. Gue sih nggak tau buah simalakama itu kayak apa, yang ada diotak gue kalau denger buah simalakama itu semacam buah dengan bentuk seperti durian yang kulitnya penuh dengan duri akan tetapi isinya itu isi buah kedondong. Kebayang kan lo, udah kulitnya penuh dengan duri isinya kayak isi buah kedondong yang berantakan, acakadut dan menyakitkan kalau masuk tenggorokon, ati- hati bisa mati lho kalao sampai nelen isi kedondong (makanya nggak perlu dipraktekin).

Jadi ya begitulah buah simalakama, jangan sekali- kali mencobanya ya (nggak pernah dijual dipasar juga), begitu juga dengan LDR, taukan LDR apa? bukan Lo Doang Relationship ya LDR itu Long Distance Relationship atau istilah Bahasana Indonesianya hubungan jarak jauh. Singkat cerita gue menjalani hubungan jarak jauh ini waktu abis wisuda, wisuda sekolah tapinya karena hingga saat tulisan ini gue buat, gue masih berstatus sebagai mahasiswa (nggak perlu nanya semseter berapa, itu sensitif). Abis wisuda sekolah gue jadian dengan salah satu ya siswi disitu, seneng banget sih gue diterima sama si dia, apalagi dia cewe inceran gue yang sedari dulu ( udah kayak lagunya Tompi “sedari dulu”). Akan tetapi yang menjadi persoalan itu gue jadiaan disaat setelah wisuda sekolah yang itu artinya setelah jadian ini gue nggak bakal bisa bareng- bareng trus, kan udah nggak disekolah yang sama selain itu rumah kita juga jauh- jauhan (jauh banget malahan).

Waktu itu sih fine- fine aja, saking bahagianya ya mikirnya hubungan lewat telpon aja udah seneng, tiap hari telponan berasa nggak punya temen lain. Batre habis cash lagi habis lagi cash lagi, kuping bengkak juga nggak peduli, capek telponan lanjut smsan, sampe boker aja masih sempet ngetik sms. Kejadian ini berlangsung trus menerus hingga pada suatu hari saat setelah menjalani rangkaian test masuk perguruan tinggi, gue masuk disalah satu perguruan tinggi negeri di Jakarta sedangkan dia atas kehendak orang tuanya harus studi kesehatan dijawa timur. oh ya, udah tau kan gue rumahnya dijawa timur.

Meskipun begitu tetep saja enjoy, ibarat kata itu masih pengantin baru jadi makan tai ayam juga berasa coklat, padahal bakal terpisah oleh jarak yang ratusan kilo meter kurang lebih sih 900Km Jakarta- jawa timur.  Waktu itu mikirnya optimis bakal bisa menjalani LDR dengan sukses dan lancar, semua bakal baik- baik saja. Hingga suatu hari ketika gue mau berangkat ke Jakarta, panas terik menyinari sore itu sekitar pukul 3 sore, gue tengah menunggu kereta yang akan berangkat ke Jakarta. Dia datang menemui gue di stasiun, seketika itu salju turun dengan perlahan lahan, pohon- pohon mengeluarkan bunga- bunga yang bermekaran ( itu ilusi gue aja, yang kayak film- film Korea). Ya dia datang untuk ngenterin gue, tepatnya nemenin gue distasiun sebelum berangkat ke Jakarta.  Agak sedih, agak terharu, agak seneng, agak pengen nangis, agak tersenyum dan agak yang lainnya, semua serba agak. Soalnya bingung, mau sedih kenapa harus sedih? Jakarta- Jawatimur kan cuma masalah jarak saja, jadi ya yang lebih cocok agak sedih saja. mau terharu juga gimanaa, ini bukan sinetron kalau sinetron pisahnya kan lama bisa bertahun- tahun makanya sampe muncul judul lagu bang Thoyib jadi bolehlah terharu saat dianter kestasiun, lah gue kapanpun juga bisa pulang, makanya agak terharu lebih cocok kayaknya, ya begitulah pokoknya seterusnya serba agak.

Singkat cerita gue berangkat ke Jakarta dan dia pulang kerumahnya lagi, kini gue bakal menjalani kehidupan sehari –hari di jakarta dan dia menjalani kesehariannya di jawatimur. Sebulan dua bulan setahun dua tahun gue jalanin dengan penuh pengorbanan (korban pulsa), telpon tiada henti sms tiada pending tiap hari. Tapi Sesekali setiap liburan semester gue pulang kampung dan menemuinya sekedar ngobrol dan melepas kangen (sory nih jadi agak melo), pernah juga suatu ketika gue ke Jawatimur hanya untuk ketemu beberapa jam saja dengan dia, pagi nyampek jawatimur sorenya berangkat lagi ke jakarta, begitu juga dia sesekali dia main ke Jakarta untuk main dan ketemu dengan gue. Ya begitulah asem paitnya sebuah hubungan jarak jauh, memang harus kuat mental, kuat nelpon dan juga kuat jarinya buat ngetik sms.

Akan tetapi perlahan demi perlahan keaadaan itupun mulai berubah, ketika menginjak tahun ke tiga gue menjalin hubungan jarak jauh mulailah ada rasa kejenuhan. Selain karena kepenatan kuliah, gue kerja dia juga kerja membuat hubungan semakin renggang, kita sibuk dengan hidup masing- masing lebih tepatnya sih gue yang lebih sibuk dengan diri sendiri gue. Dia pengen sms-an atau telponan akan tetapi karena saking capeknya kadang gue menolak. Belum lagi masalah social media, setelah semakin berkurangnya waktu gue buat dia, dia mulai menaruh curiga terhadap gue. Terlebih sih karena social media karena banyak mention- mention yang katanya membuat hatinya panas dan cemburu , sebenernya sih wajar- wajar saja ada orang mention ya gue bales dong mentionnya, masak nggak gue bales, ntar dikira sombong lagi. Kalau orangnya mention ngajak becanda ya gue balesnya dengan becandaan juga, kalau orangnya mentionnya marah ya gue mention marahin balik. Wajar kan ya seperti itu, begitu juga kalau temen- temen cewek pada mention ya tentunya gue bales, tapi kadang mention mereka ada yang mesra gitu, ya tentunya gue bales mesra juga dongg wajar kan itu (salah nggak sih? *nanya serius).

Nah itu yang jadi sumber penyakit hubungan jarak jauh gue, gue juga nggak tau ya kenapa yang mention ke twitter gue itu 80% pasti cewek, padahal gue selalu bilang kalau gue udah punya cewek tapi banyak yang nggak percaya, mereka menyangsikan karena gue nggak pernah jalan sama cewek didepan mereka, udah gitu nggak pernah malem mingguan lagi (lha wong gue LDR pacar gue jauh disana, gimana bisa gue jalan bareng apalagi malem mingguan). Pas gue bilang gue itu LDR malah dibilang bohong itu cuma alibi buat nutupin kejombloan gue. Ya gue mau gimana lagi pada nggak percaya gue LDR, akhirnya ya banyak cewek yang mention ke gue (agak sombong dikit, kalau nggak percaya follow aja twitter gue hahaha), mungkin karena gue dianggep jomblo makanya banyak temen cewek yang pada mention ke gue dengan seenaknya, dan otomatis itu membuat cewek gue  cemburu, tiap hari gue dicurigai selingkuh dengan ini, selingkuh dengan itu (padahal udah tobat lho dari dunia perselingkuhan). Tiap hari twiter dan facebook gue selalu dipantau, biar ketahuan gerak- gerik gue setiap hari nagapain aja, sama siapa aja.

Itu bikin pusing kepala lho, gue keluar kemana pasti ditanyain mau ngapain, sama siapa dan lain sebagainya berasa jadi tahanan gue, ya ngeri aja tau- tau dia ikutan acara reality show yang tentang penjebakan cowok selingkuh, ceweknya kerjasama sama stasiun tv nyewa cewek buat ngejebak cowonya agar terbongkar kalau suka selingkuh kan ngeri juga, nggak asik banget kan. Atau tau- tau dia nyewa detektif buat mantau kehidupan gue, ngeri juga kan kalau kemana- mana berasa diikutin sama orang pake topi koboy dengan jaket panjang sampai kaki, kaca mata hitam sambil bawa Lup (kaca pembesar).

Ya itulah yang gue rasain tiap hari, Tapi yang bikin aneh itu sampai saat ini udah lima tahun lho hubungan jarak jauh gue bertahan. Kalau marah pasti baikan lagi, bahkan pagi putus malem udah nyambung, putus lagii nyambung lagi. Gue kalau kayak gini jadi tersendir sama lagunya BBB yang putus nyambung itu, katanya kalau lo laku kalau putus ya putus aja, berasa nggak laku banget gue putus nyambung terus. Padahal kan gue ganteng hahah (nggak percaya gue ganteng? Follow twitter gue!!).

Lagi enak- enak ngerjain skripsi ehh tiba- tiba ada sms yang bilang “ngapain seharian? Kok nggak ngabarin, lagi selingkuh ya?”, dalam hati gue pengen kabur ke kutub utara lalu nyasar disegitiga bermuda biar nggak bisa disms lagi, orang lagi panas mikirskripsi bukannya dibantuin malah dituduh- tuduh. Begitulah susah senang ngejalanin LDR, saran gue sih kalau mau LDR itu jangan sama orang yang cakep, sama yang jelek aja. Kalau sama yang lebih cakep itu bakalan makan ati, serius ini bukan bercandaaan kayak yang dialami pacar gue, karen dia LDR-an sama orang ganteng ya resikonya cemburunya gede hahaha!!!. Coba kalao lo LDR-an sama orang jelek, nggak bakalan deh cemburu- cemburuan, nggak bakalan ada yang negelirik pacar lo. Hahaha.

Ini becandaan doang, yang jelas gue sangat kagum sama pacar gue karena meskipun LDR dan gue sangat ngeselin jadi orang, dia tetep ada buat gue. Meskipun gue selalu bilang sama dia kalau kita udah nggak cocok dia selalu mencocokan lagi (udah kayak ngoreksi ujian aja pake cocok mencocokan). Tapi himbauan buat yang belum punya pacar alias masih jomblo, mending menjomblo aja deh dari pada coba- coba buat LDR. Ini ciuss lho...   

No comments:

Post a Comment