Thursday, April 18, 2013

Celana Dalam Yang Tertukar


Suatu hari gue bingung nyari jemuran gue, perasaan gue kemaren ngejemur banyak pakaian tapi kok nggak ada sama sekali ya.. “Ah paling udah diangkatin sama ibu kos dan dimasukin lemari gue” pikir gue.

Gue langsung masuk kamar dan ngecek isi lemari gue, dan pas gue buka ternyata nggak ada juga jemuran gue. Kemana yaa...???
Hari itu kebetulan anak ibu kos gue yang paling kecil yang umurnya sekitar  3 tahunan sedang sakit, katanya sih demamnya sangat tinggi dan kejang- kejang. Ngeri juga kalau anak kecil sakit demam yang tinggi, takutnya berimbas ke sakit yang lebih parah. Akhirnya pekerjaan rumah sehari – hari ibu kos gue mulai dari masak, nyuci dan lainnya di handle sama keluarganya (waktu itu banyak keluarganya yang pada datang ke rumah), nah gue ngerinya keluarganya itu yang ngangkatin jemuran gue, disangkain jemuran ibu kos (kebetulan jemuran ibu kos dan jemuran gue samaan tempatnya).

Sehari – dua hari tak ada kabar tentang jemuran gue, dan sampai hari ketiga pun tak ada kabar. Gue jadi muncul pikiran yang nggak biasa, gue jadi berfikir kalau mungkin jemuran gue emang beneran hilang digondol maling, ini berdasarkan asumsi gue kalau iya jemuran gue keangkat kedalem rumah ibu kos pasti bakal segera dikasih tau ke gue. Kejadian ini berlanjut hingga siang hari dihari keempat, belum ada juga kejelasan tentang nasib jemuran gue. Gue makin gelisah karena jemurannya cukup banyak, nyesek juga kalau ilang semua. Dan yang paling membuat gue kepikiran adalah tentang celana dalam, stok celana dalam gue sudah habis. Kalau sampai hari ini juga belum ada kejelasan berarti gue nggak ada stok celana dalam lagi hahahaha.

Ya beginilah kalau kos- kosan nyatu sama yang punya rumah, banyak barang yang kadang tak sengaja tertukar, atau saling mengklaim. Pernah waktu itu gue menggerutu gara- gara mangkok dan sendok gue diklaim sama ibu kos, kebetulan mangkoknya memiliki bentuk dan warna yang sama karena sama- sama hasil dari beli sabun cuci. Gue pas pindahan kesitu bawa cukup banyak mangkok, ada sekitar 5 buah, nah lama kelamaan mangkok yang ada itu semakin berkurang hingga tinggal satu buah doang “ah ini mangkok pasti nyampur sama punya ibu kos, dan ibu kos pasti ngira itu mangkoknya” pikir gue. Berhubung tinggal satu- satunya akhirnya gue jaga bener- bener tuh mangkok jangan sampai nyampur lagi sama mangkoknya ibu kos ntar bisa- bisa diakuisisi lagi sama dia. Hingga akhirnya suatu hari dia ngasih gue bubur kacang ijo, gue makan kan tuh bubur dan abis makan bubur, mangkok wadah buburnya langsung gue cuci dan gue taruh ditempat piringnya ibu kos. Ehh paginya dia datang dan masuk kekosan “nam, mangkoknya ibu bawa yaa...”, gue hanya terdiam sambil bengong “lah mangkoknya yang tadi malem kan udah gue balikin bu,,” kata gue dalam hati, gue sih nggak mau ntar terjadi cek –cok cuma gara- gara mangkok. Yaudahlah mangkok satu- satunya punya gue melayang.. belum lagi masalah sendok juga, sendok gue dapet sama temen- temen gue pas lagi ke pasar malem trus ikutan lomba lempar gelang, jadi kita disuruh lempar gelang yang disediain sama mereka ke paku-paku yang ada tulisan hadiahnya. Nah gue sama temn gue bernasib sama mendapatkan dua sendok makan, padahal hadiahnya ada kipas angin- ada tv tapi nggak tau deh kenapa gue dapetnya cuma sendok. Mungkin rejekinya emang disitu. Pas gue bawa kekosan ya sendok- sendok itu mengalami nasib yang sama, sama sama diklaim oleh ibu kos. Ya sudahlah, apa arti sebuah sendok dan mangkok bagi anak kos.

Kembali lagi kemasalah jemuran, pas malemnya dihari keempat ada sebuah titik terang mengenai nasib jemuran gue. Pas gue pulang abis beli makan tiba- tiba sudah ada jemuran kering yang numpuk diatas kasur gue.. “Alhamdulillah jemuran gue balik...” berarti nggak jadi digondol maling. Tapi ada yang ganjil, pas gue lihat tumpukan jemuran itu langsung gue teringat suatu barang yang pada waktu itu sangat urgent keberadaannya dalam hidup gue. Gue nggak tau bagaimana nasib gue kalau sampai barang itu tidak ada. Yaa dia adalah celana dalam gue, didalam tumpukan jemuran itu gue tidak menemukan celana dalam gue, “waduh, jangan – jangan ada yang mau guna- guna gue nih masak celana dalam gue nggak ada dikala jemuran gue yang lain udah pada balik” kata gue dalam hati. Gue jadi teringat kisah- kisah horor tentang percintaan, biasanya orang yang abis ditolak cintanya itu langsung mencuri celana dalam orang yang dicintainya tersebut untuk dijadikan media guna- guna agar sang target mau menerima cintanya.

Gue sejenak tertegun, siapa ya yang sampai segitunya sama gue. Nggak perlu kali harus mengguna- guna gue lewat celana dalam. Apa saking ngefansnya sama gue dan memendam rasa terlalu dalam akan tetapi tidak berani mengungkapkannya sehingga harus mencuri celana dalam gue untuk diguna- guna, entahlah!!! Tapi ada tanda tanya besar yang timbul dalam otak gue, biasanya kalau orang mau guna- guna dengan mediator celana dalam kan cukup satu saja, tapi ini kok semuanya yaa.. apa dia takut kalau cuma satu celana dalam nanti guna- gunanya nggak mempan sama gue. Aneh banget ya, ditengah hiruk pikuk modernisasi ibu kota Jakarta masih saja ada orang yang menganut pemahaman kolosal seperti itu. Setelah melamun beberapa saat mencari segala kemungkinan yang akan terjadi terkait dengan nasib celana dalam gue, tiba- tiba ada yang mengetok pintu dan bicara dari balik pintu “nam, maaf itu kemaren anak ibu salah ngangkat jemuran dikiranya itu jemuran ibu” kata ibu kos, ternyata emang bener baju- baju gue nyasar kedalem rumah ibu kos karena anaknya yang agak gedean salah ngangkat jemuran.  Tapi anehnya kok celana dalam gue nggak terdeteksi juga yaa.. akhirnya gue beraniin tanya sama ibu kos “maaf ibu, emmm celana dalam saya ada yang nyangkut juga nggak? Soalnya perasaan saya jemur celana dalam juga deh...” kata gue yang dengan muka agak merah karena tengsin. “loh masak sih, ntar ibu coba cari dulu deh...” jawab ibu kos gue.

Malem udah larut dan belum ada kabar juga tentang celana dalam gue, gue enggak tau ibu kos lupa nyari atau emang bener- bener nggak ada dirumahnya. Hemmmm nggak tau deh gue, terpaksa melem itu gue ngga ganti celana dalem.. hihihihi. Besok paginya seperti hari- hari yang lain gue paling keluar buat beli makan kewarung abis itu balik lagi kekosan, akan tetapi hari ini agak beda, setelah gue beli makan gue hari ini langsung kekampus buat konsultasi proposal skripsi gue. Singkat cerita setelah cing cong cing cong dengan dosen gue balik lagi kekosan, sampai kosan gue buka pintu dan terkejut dengan tumpukan celana dalam gue yang ada diatas lemari kurang lebih berjumlh 6 biji. Dan disamping tumpukan celana dalam itu ada secari kertas bertuliskan “kak anam, sory ya gue kemarin salah angkat... yang ini juga ke angkat (tanda panah kearah tumpukan celana dalam)” kurang lebih begitu tulisannya. Dasar bocah main angkat aja jemuran orang, gue ngeri aja kalau sampai2 celana dalam gue juga nanti bakal diklaim sama ibu kos dikira celana dalam suaminya. Hahahaha... ya masak nasib celana dalam gue harus sama dengan nasib mangkok dan sendok gue, jangan sampai dong. Itu berbahaya... hahahah |

No comments:

Post a Comment