Thursday, January 3, 2013

Kerja Dulu, Lulus Kuliah Bisa Nanti..

Desember 2012...

Ketika lo udah semester 7 maka lo akan berasa sudah tua di kampus lo, sama dengan yang gue alami. Detik ini gue udah semester tujuh, semester akhir broo.. hehe.
“skripsinya tentang apaan kak?” tanya adik kelas.
“hehehe, kayaknya tentang palestina nih” jawab gue.

Maklum coy gue anak jurusan hubungan internasional jadi bahasnya tentang dunia internasional. Sebenarnya ngasal juga sih jawab tentang palestina itu, pasalnya gue bingung mesti jawab apa. Belum kepikiran buat skripsi, masih banyak persyaratan yang harus gue kerjain dulu.
 “Boro2 mikir skripsi, ngulang mata kuliah aja masih banyak, hehe.”itu kata temen gue.

Kalo gue Alhamdulillah semua mata kuliah udah beres, udah gak ada yang perlu diulang lagi, maklum orang pinterr.. sombong dikit gak papa kan? haha

Alhamdulillah disemester tujuh gue udah hampir gak ada mata kuliah lagi yang harus diulang,tinggal mata kuliah seminar proposal, semua udah lulus dan IPK gue udah cukup buat ngelamar cwe gue, lohh??? Hehehe. ngelamar kerja maksudnya. 3 lebih deh pokoknya, gak perlu gue kasih tau lebihnya berapa ntar pada pengen lagi.

Singkat cerita karena Cuma sehari kuliah dalam seminggu gue memutuskan untuk kerja, kerja disebuah restaurant yang menurut gue levelnya menengah sih kelasnya. Diatasnya “warteg” lah dikit. Gue kerja di A&W restaurant, biasanya diplesetkan dengan istilah American Warteg. Alasan gue untuk kerjas direstaurant adalah sistem kerjanya yang sift2 an. Biar gue juga bisa meluangkan kegiatan gue dikampus tiap pagi hari dan kerja di sore harinya.

Hampir setahun gue kerja dan ninggalin kegiatan kampus, karena kuliah yang harusnya seminggu sekali ternyata dosennya mengeluarkan kebijakan baru yaitu boleh tidak masuk kuliah asal nyetor proposal skripsi waktu UAS.

Yaahhh begitulah hampir setahun gue menghilang dari kehidupan kampus, gue berasa benar2 jadi kuli, udah lupa kalau gue ini mahasiswa dan sebentar lagi akan jadi sarjana.
Gue melupakan tugas2 dari kampus yang menunjang kelulusan gue, dan lebih memilih untuk kerja rodi tiap hari demi menikmati gajinya yang menurut gue nggak cukup2 banget buat hidup di Jakarta.
Ketika orang libur gue harus masuk kerja, dan ketika orang masuk kerja gue malah libur, nggak ada teman pas liburan itu sungguh menyebalkan. Dan parahnya gue punya pacar tapi LDR.. lengkap sudah, ngomong2 tau kan LDR itu apa? Bukan Lendir lho.. ntar gue dikira pacaran sama lendir lagi. LDR itu Long Distance Rekationship, masih nggak tau juga? Hubungan Jarak Jauh. Awas aja nggak tau lagi... kalo sampe nggak tau lagi berarti lo itu Jomblo..

Gue punya pacar namanya Irma, orangnya itu sweet (nggak selamanya yg sweet itu hitam... ), Smart, cantik, penyayang, penyabar, suka bantu gue... banyak deh kalau gue ceritain nanti penuh dengan dia donk cerita ini. Hehe sory kalo ada yang merasa namanya di mention..
Dia itu orang yang selalu ngomelin gue waktu masih kerja, dia itu nggak suka kalo gue kerja dan meninggalkan dunia kampus dan selalu nyuruh gueuntuk cepat2 nyelesein kuliah gue. Maklumlah dia cwe udah lulus kuliah D3 lagi dan sekarang direkrut untuk ngajar dikampusnya, jadi ya mungkin ngebet pengen di nikahin. Hehehe..

Banyak pengalaman yang gue dapet waktu kerja ini, terutama pengalaman pertama kali kerja. Ternyata kerja itu memang penuh persaingan mulai dari atasan yang super amat galak, senior yang songong dan temen yang kerjanya lemooottt banget bikin capek..
Gue punya atasan seorang perempuan tapi bergaya cowboy, kalo cwe bergaya cowboy berparas cantik pasti banyak yang ngefans, tapi yang ini beda banget.. mukanya menyeramkan sekali. Hahaha.

Dia itu keturunan Jawa tulen akan tetapi memiliki watak orang batak. Sangar banget orangnya, kalau ngomel itu bikin telinga keluar upil.. sampai2 ada temen gue baru kerja dua minggu sudah keluar karena ketakutan tiap hari diomelin. Mulutnya itu lho berbisa... terlalu seram kalau gue lanjutkan ceritanya.

Di restaurant ini gue ditempatkan didepan alias jadi tukang greetingnya restaurant. Wajar saja, muka saya agak ganteng jadi ditaruhnya didepan, nggak mungkin kan muka jelek suruh nyambut customer, bisa2 nggak ada yang dateng. Hehe.

Ditempat kerja gue ada satu senior yang soookk banget, padahal mah nggak ada yang bisa dibanggain dari orangnya. Waktu gue masih baru dan polos, gue sering dikerjain, seminggu okee gue terima, dua minggu okee gue terima sambil ngelus dada (nggak tau deh dadanya siapa yg dielus). Minggu ketiga nggak lagi dehhh..

“eh, lo jangan banyak bengong dan ngobrol yaa, bersih2 kek ..” begitu kalimatnya dia negor gue.
Emang sih waktu itu restaurant sedang sepi pengunjung, jadi karyawan masih pada santai, ngobrol2. Ehh dia nya sook banget bilang kayak gitu, padahal dianya sendiri juga lagi ketawa ketiwi sama senior2 yang lain... akhirnya gue jawab kata2nya dia tadi

“gaji Lo disini berapa sih bang? Beda yaa sama gue? Perasaan manajer aja nggak gini2 amat..” bales gue.
“ohh jadi lo nggak mau nih gue suruhh??” kata dia.
“ya nggak maulah siapa lo disini” kata gue
“okee kalo gitu ntar gue bilangin lo ke manajer biar dipindah dibelakang, biar nyuci piring” bentak dia.
“Silahkan “ balas gue.

Deg2 kan juga sih gue waktu diancam kayak gitu, maklum anak baru. Gue nggak tau dilaporkan beneran atau nggak, yang jelas 2 minggu setelah kejadian tersebut gue lihat scedjule emang ada perubahan formasi karyawan, banyak temen yang berubah posisi. Dan Alhamdulillah gue masih berada ditempat yang sama, malah si senior yang dioper kebelakang suruh nyuci piring. Hahaha

Tuhan maha adil coyy... mungkin manajer udah tau gimana watak senior itu.
Ada satu lagi nih orang yang bikin gue jengkel, dia itu senior juga.. mantep coy orangnya putihh, banyak yang suka, rambutnya lurus, tinggi lagi, selalu tersenyum.. kebayang nggak gimana orangnya?? Tapi sayang sih dia itu Cwo, coba klo cwe. Hahaha

Gue nggak tau sih mungkin udah bawaan lahir kali yaa,, orangnya itu selalu tersenyum meskipun lo omelin pake ToA Mushola, sabaarrrrr banget.. saking sabarnya jadi kayak keong. Lemot banget orangnya, ibarat kata lo udah lari 5 Km dia baru 5 Cm, kebayang kan kalo kerja partneran sama orang kayak gini. Lo udah capek banget udah ngerjainn ini itu, tapi ketika lo nglirik kerjaannya dia ternyata baru se upil yang dia kerjain, udah capek karena kerjaan capek juga karena mikirin tuh orang.

Gue juga punya kejadian yang sangat mengesankan, kejadian ini waktu gue dioper distore lain. karena kita anak baru maka sering gue di oper2 untuk ngebantu di store2 lain, ceritanya gue sama salah satu temen gue si dwi dioper ke store di Citos (Cilandak Town Square), di Citos emg terkenal dengan ramainya, sehingga sering minta bantuan dari store2 yang lebih sepi. Sebenernya gue menolak untuk dioper karena sangat capek. Akhirnya gue memutuskan untuk berbuat curang sama si dwi, gue berniat untuk pulang lebih cepat dari waktu yang ditentukan.. berhasil sihh gue pulang duluan.

Tapiii besoknya kita berdua di skorsing 3 hari. Hahaha. Ketahuan gue, menejernya yang di Citos curiga kok karyawannya berkurang dan setelah di cek ternyata kita udah nggak ada. Tapi nggak kita berdua doang yang kena skorsing, si radit juga kena. Radit ini temen gue juga di seharusnya bareng kita dioper kesana tapi dia nggak berangkat, akhirnya kena juga dehh... tapi ada untungnya kita bisa pergi bareng yang selama ini nggak dirasain. Kita berasa bebas 3 hari. Kita bahkan sempet nonton OVJ langsung di studionya. Bermula dari sinilah persahabatan kita... (cerita tentang persahabatan ini akan gue ulas di judul selanjutnya).


Ditempat kerja ini gue dapet temen temen yang luar biasa, gue salut atas perjuangan mereka kegigihan mereka dengan kerjaan yang berat. Setelah berjalan lama kerja disini nggak ada senior sama junior lagi, kita udah seperti teman semua, bahkan atasan juga udah berasa teman sendiri. Kita sering nongkrong di warung kucing sampe pagi, maen futsal rame2.
Begitulah kisah gue sebagai mahasiswa semester akhir yang lebih memilih untuk menunda kelulusannya demi untuk bekerja Dan mencari persahabatan.




No comments:

Post a Comment