Wednesday, January 9, 2013

Apa cerita kalian tentang "Kampung Utan"???

Apa yang kalian ketahui tentang “Kampung Utan?”..

Sebuah kampung bekas hutan, ataukah sebuah kampung yang masih penuh dengan pepohonan? Atau yang bahasa inggrisnya the Camp of Jungle...??
Gue searching di google dan sampai sekarang belum menemukan arti dan sejarahnya. Yang jelas kampung utan adalah sebuah perkampungan padat penduduk yang tepat berada dibelakang UIN Jakarta.

Pernah suatu ketika gue ngobrol2 diwarung sama orang yang dianggap “tua” disini (kampung utan), beliau sudah sangat lama tinggal dikampung utan.

“saya sudah lama banget mas disini, seingat saya dari Tahun 70an..” kata bapaknya.
“masih sepi banget donk pak dikampung utan?” tanya gue.
 “walahh mas, waktu itu antara rumah saya dengan rumah yang lain itu jaraknya masih jauh banget, nggak kayak sekarang” jawabnya.
“ada cerita apa pak dikampung utan ini?”

“saya kan sebenernya juga pendatang mas dsini, saya dari Semarang jadi yaa nggak tau persis dulunya seperti apa, yang jelas kalo saya kerumah saudara atau teman saya kalau ditanyain dari mana? Trus tak jawab dari kampung utan. Pasti mereka pada bilangnya owh dari kampung utan “tai anjing” ya.. gitu mas kata orang2 sini” papar bapaknya.
“oh gitu pak yaa... denger2 kampung utan ini tempat pembuangan “Jin” ya pak?” tanya gue, soalnya gue teringat temen gue yang pernah cerita kalo dulunya kampung utan ini tempat pembuangan Jin.
“yaaa mungkin bisa begitu mas, tapi yaa saya nggak tau pastinya...” jawab sang bapak.

Apapun masa lalunya yang jelas kampung utan sekarang adalah tempat gue bernaung, udah lebih dari 3 tahun gue tinggal disini selama menuntut ilmu di UIN jakarta. Kampung utan menjadi penghubung bagi yang ingin ke Bintaro, ke Lebakbulus juga deket dan sebuah kawasan yang sangat strategis untuk berwira usaha. Karena banyak Mahasiswa yang bermukim disini, sehingga menjadikan Kampung Utan sebagai sebuah kawasan yang ramai penduduk dan proporsional untuk dagang. Terlebih jualan kebutuhan mahasiswa.

Banyak cerita yang sudah gue dapet ditempat ini, mulai dari penggerbekan kos2san mesum, pencurian motor, pencurian barang2 anak kosan, cerita anak kosan yang diguyur air sama tetangga karena berisik maen PS. Banyak deh pokoknya.. jika anda berada dikawasan Ciputat monggo untuk berkunjung dan menikmati apa saja yang tersedia dan terpampang di Kampung utan..
Malem kamis, setelah terguyur hujan seharian...


No comments:

Post a Comment