Saturday, January 5, 2013

Jadi Volunteer

 Bingung nggak tau mesti ngapain...

Mungkin akan dirasakan orang- orang seperti gue, kuliah udah enggak, kerja enggak, pengen segera nyelesein skripsi tapi ternyata kampus mengeluarkan kebijakan yang sangat tidak bijak yang itu sangat memberatkan para mahasiswanya.

Sebenernya iri juga gue kalo ngebandingin jurusan gue dengan jurusan- jurusan yang lain dikampus gue. Kalo yang lain itu magang, test toefl dan berbagai persyaratannya itu nggak harus diselesaikan sebelum lo ngajuin judul. Lah jurusan gue? Semua harus selese sebelum lo ngajuin judul... bahkan mereka cukup dengan abstrak saja udah bisa sidang proposal, lah gue harus mati2an mikir kerangka teori dan lain sebagainya...

Menghambat kreativitas gue banget itu.. gimana nggak menghambat, waktu gue masih panas2 nya jadi mahasiswa yang penuh dengan teori2 kuliah malah disuruh mikirin magang dan kawan2 nya... lupa semualah jadinya.
Ya begini nih jadinya,.. semua jadi berjalan slow motion, gue harus kembali meraba raba sesuatu yang sudah  mulai menghilang (teori).

Semakin lama gue merasa seperti makhluk goa, kehidupan gue nggak jauh dari kosan, warteg, modem, fb dan twitter... meskipun nggak ada yang mau dicoment, nggak ada yang mau diretweet tetep aja mantengin fb dan twitter.
Lama2 muka gue bisa jadi kayak time line nya fb nih, atau malah berubah jadi mirip burung di twitter.

Akhirnya gue memutuskan untuk coba2 ikutan program volunteer, kebetulan diFb lagi dishare info recruitmen volunteer Unesco.
“hhhmmm, lumayan nih... daripada gue brewokan di kosan”.. kata gue (udah mulai terjangkit penyakit ngomong sendiri).

Seminggu setelah gue aplly, tepatnya sore hari ketika gue lagi maen Ps sama tetangga kosan gue
yang punya nasib sama kayak gue sebagai mahasiswa semester banyak yang nggak lulus2.  Hp gue bunyi ada yang nelp, No depannya 021.. yang ada dibayangan otak gue ketika dapet telp dari no yang depannya 021 itu pasti kalo nggak panggilan kerja yaa orang asuransi yang lagi nawarin produknya.

Dengan kaget gue angkat telpon itu,
“hallo..”
“selamat sore, benar ini Choirul Anam (nama gue)?”
“iyaa mbak, dari mana ya?”
“saya dari KM Unesco, besok bisa ikut brifing?”
“apppa mbakk??? Apppa? Nggak denger nihh” maklum gue nggak ngerti dan asing banget dengan nama KM Unesco itu, apaan yaaa.. makanya gue pura2 gak denger..
“Komisii nasional untuk Unesco Masss.... besok bisa ikut brifing nggak????” kata mbak2 nya yang tetap sabar...
“ohh dari Unesco mbak,,, iyyaa siaap. Jam berapa mbak ya trus dmana?”
“Jam 1 di Gedung C kemdikbud Lantai 17”

Begitulah sekilas percakapan gue sama mbak2 itu..
Mantap banget nih gue bisa masuk jadi bagian acaranya Unesco, sebagai mahasiswa hubungan internasional tentu sebuah kebanggan donk bisa gabung sama Unesco.

3 hari kemudian..

Setelah mengikuti brifing dan dijelaskan ini itunya, akhirnya inilah saatnya gue beraksi... hari ini tugas kepanitiaan gue mulai berjalan. Gue ditempatkan di seksi dokumentasi. Yang bagian poto memoto deh pokoknya...

Gue dapat partner yang namanya Bambang.. mantap orangnya, total banget kalo mau ngapa2in.. contohnya kayak gini nih, kalo gue cukup nerima dengan pemberian fasilitas berupa kamera pocket, kalo dia dibela2in minjem2 dan telpon sana sini demi mendapatkan kamera yang lebih canggih. Kalo gue ngambil gambarnya cukup dengan gaya biasa2 saja dan mungkin dengan hasil yang biasa juga , tapi kalo dia sampe jungkir balik ngambil potonya dengan harapan hasilnya nggak jungkir balik... hahaha.

Kita dapet fasilitas nginep di hotel Desa wisata di TMII, jadi kita selama acara bebas keluar masuk TMII gitu...

Disini gue ketemu temen2 baru yang pinter2, hebatlah kalo menurut gue... ya kn gue ngebandingin sama diri gue yang nggak lulus2.

Banyak cerita yang gue dapet disini , mulai dari disematkannya gelar kehormatan untuk gue berupa gelar princes. Malu sehh sebenernya....
Jadi ceritanya cwo yang ikutan acara ini dan ikut nginep ada 5 orang, dan yang 3 agak2 gimana gitu lumayan melambai... hehe sory teman2 gue cerita apa adanya yaa,, jadi sama temen2 yang cwe, kita dikasih julukan para princes kerajaan.. anehh sih buat gue , tapi ya sudahlah nikmati saja selama itu nggak merusak kehormatan gue. Hahaha..

Tapi beneran seruuu banget.. mereka itu orangnya ramee banget, jadi yang biasanya orang baru kenal itu diem2man tapi berhubung ada mereka suasana jadi berubah jadi sangat bersahabat. Saling ejek, saling becandain, saling membuat ketawa, saling tendang, saling lempar dan saling banting.. lohh????

Ini adalah acara tentang kebudayaan gitu, Konser karawitan.. jadi Unesco mengundang beberapa grup kesenian karawitan yang dapat mewakili karawitan di penjuru Indonesia untuk tampil konser di Jakarta, tepatnya di Umar Ismail Concert Hall.. dan kita jadi fasilitator mereka.
Kegiatan kita tiap hari nyiapin apa saja yang jadi keperluan para peserta yang akan tampil, kalo gue sih Cuma moto2 mereka yang lagi nyiapin itu... lirik para LO, Konsumsi, dan Akomodasi. Yang sabar yaa... asal nggak nyiapain air anget buat madinya mereka aja. Hahaha.

Dan gue di beri kesempatan untuk berinteraksi dengan Bang Leo (artis AFI yg di Tv itu lho..) kebetulan beliau adalah koordianatornya. Kita belajar banyak hal dari beliau,,,
Banyak cerita yang gue dapet dari ikutan volunteer ini, dan membuat gue semakin sadar bahwa semata2 hidup itu nggak hanya untuk mencari duit.. tapi dengan ikut volunteer lo akan sadar bahwasanya hidup lo yang nggak lama itu akan lebih bermanfaat bagi orang lain... terlebih jika lo ngelakuiannya buat negara lo sendiri. Tentu akan menjadi sebuah kebanggan.. pahlawan itu mengorbankankan nayawa untuk negaranya... dan volunteer itu mengorbankan tenaga, waktu dan lainnya buat orag lain atau bahkan buat negaranya... jadi nggak jauh beda..
Ngomong2 kalian pada tau nggak sih Volunteer itu apaan??? Kalo nggak tau berarti Jomblo... 


No comments:

Post a Comment