Saturday, July 6, 2013

Modus

Diseberang pulau nan jauh disana, seorang pria sedang menelpon gebetan-nya.

“Kamu lagi apa?”
“Lagi ngerjain tugas ini.”
“Mau dibantuin nggak?”
“Kamu lagi modus yaa?”

Sadar nggak sadar istilahmodus itu sudah menjamur dan membabi buta dikehidupan kita, khususnya sih dikalangan anak- anak muda. ketemu temen lawan jenis dijalan abis itu ngobrol- ngobrol dibilang modus. Seorang cowok pengen bantuin ngerjain tugas makalah temennya yang cewek dibilang modus. Ngajak ngobrol dosen dibilang modus. Minjemin pulpen adik kelas dibilang modus. Terus apa yang nggak modus? 

Baca qur’an aja sekarang dibilang modus. Iya nggak sih?

Apa- apa kok dibilang modus. Sebenarnya apa sih modus itu? Menurut kamussiang.com pengertian modus itu adalah “KETIKA LO AKAN MELAKUKAN SEBUAH PEKERJAAN TERTENTU AKAN TETAPI MEMILIKI NIAT LAIN”. Contohnya mau bantuin orang tua beli minyak goreng diwarung, eh ternyata berharap nanti bisa nguntit uang kembaliannya, itu namanya modus. Atau kalau nggak gitu sok- sok an ngajarin adik kelas tentang matematika, ternyata sebenarnya pengen minta nomer hp nya, itu modus banget.

Selain pengertian itu, ada pengertian lain nih dari modus, apa itu? banyak yang mengartikan modus sebagai kependekan dari “MODAL DUSTA”. Jadi ya gitu deh, istilah sastranya punya udang dibalik batu ketika mau ngapa- ngapain.

Jadi kalian pernah merasa me-modusin orang atau sring di-modusin orang?


No comments:

Post a Comment